Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hakikat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

1. Pengertian PPL
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dikatakan muara dan aplikasi dari seluruh materi yang diterima calon guru selama mengikuti pembelajaran di bangku kuliah. PPL menurut Zainal Asri (2010) adalah kegiatan pelatihan bagi calon guru untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, keterampilan dalam proses pembelajaran secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata. Sedangkan A. Kadir Munsyi (dalam Zainal, 2010) menmpunyai pendapat bahwa PPL adalah kegiatan dalam bentuk latihan mengajar yang dilaksanakan secara terbimbing untuk mendapatkan keterampilan dalam memberikan pelajaran dan ditempuh dalam waktu tertentu sebagai syarat untuk memenuhi suatu program.

2. Hakikat PPL
Berdasarkan pengertian PPL diatas maka hakikat dari PPL itu adalah:
a.    Dilakukan seseorang (calon guru) secara terbimbing
b.    Bersifat latihan yang diperagakan dalam mengajar
c.    Bertujuan untuk mendapatkan keterampilan mengajar
d.    Salah satu syarat untuk memenuhi suatu program

3. Tujuan PPL
Walaupun sifatnya berupa latihan, hakikat dari PPL adalah mengajar. Secara umum tujuan dari PPL itu adalah untuk melatih calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya.
Secara khusus kegiatan PPL betujuan agar calon guru dapat:
1.    Mengenal lingkungan fisik dan non-fisik (administratif, akademik dan sosial- psikologis) sekolah
2.    Memiliki penguasaan berbagai keterampilan dasar mengajar.
3.    Menerapkan berbagai kemampuan  profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situasi nyata
4.    Mengembangkan kompetensi pembelajaran bidang studi yang menjadi spesialisasinya.
Berdasarkan tujuan diatas, untuk mendapatkan suatu keterampilan dalam mengajar tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon guru. Menurut Zainal Asri (2010) syarat tersebut meliputi:
1.    Kesiapan yang bersifat fisik meliputi:
o    Kondisi tubuh yang sehat
o    Kesiapan mental
o    Kerapian dan keserasian yang selalu terlihat jelas
o    Sikap lahiriah yang wajar dan tidak dibuat-buat
2.    Kesiapan yang bersifat non fisik:
o    Menguasai bahan secara baik
o    Menguasai Metodologi pembelajaran
o    Menguasai teknik komunikasi dengan orang lain dalam bentuk multi komunikasi

4. Manfaat PPL
Manfaat PPL bagi calon guru adalah sebagai pedoman dan bahan pertimbangan dalam mengajar, sehingga mereka siap dari segi fisik dan mental menghadapi permasalahan yang muncul di lapangan serta bermanfaat untuk melatih pembiasaan calon guru merealisasikan ilmu yang telah diperoleh selama di bangku perkuliahan.

5. Ruang Lingkup PPL
PPL dilaksanakan dalam bentuk mengajar di sekolah yang telah diatur sebelumnya oleh suatu lembaga perguruan tinggi dimana calon guru mengikuti perkuliahan. Selama dilapangan calon guru dibimbing oleh salah seorang dosen pembimbing dan seorang guru yang bertindak sebagai guru pamong. Kegiatan PPL tidak hanya praktek mengajar tetapi juga mengikuti kegiatan non mengajar


Sumber: Asril, Zainal.2010.Microteaching. Bandung: Rajawali Pers

1 comment for "Hakikat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)"

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan