Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Friday, June 21, 2013

Menentukan Luas Segitiga Dengan Menggunakan Unsur Trigonometri

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai menetukan luas segitiga dengan menggunakan unsur trigonometri. Dengan mengetahui panjang dua sisi dan sudut diantara sisi dari suatu segitiga kita dapat menentukan luas segitiga tersebut. Sebelum kita menentukan luas segitiga., kita temukan terlebih dahulu rumus tersebut. Baiklah langsung saja simak uraian berikut.

Rumus umum untuk mencari luas segitiga adalah:


Rumus umum di atas tentunya sangat mudah digunakan apabila semua unsur-unsurnya (tinggi dan alas) diketahui. Lalu, bagaimana caranya menentukan luas segitiga apabila tingginya belum diketahui? tetapi unsur yang lainnya diketahui. Untuk menjawab pertanyaan tersebut perhatikan gambar berikut ini.
http://mademathika.blogspot.com/

Dari gambar Δ ABC di atas, alas = AB dan tinggi = CD. Panjang CD dicari dengan langkah berikut. Perhatikan Δ ACD pada Δ ABC di atas. Δ ACD adalah segitiga siku-siku sehingga diperoleh:


Sehingga didapat luas Δ ABC

Dengan cara yang sama untuk menghitung luas Δ ABC bila panjang dua sisi dan besar salah satu sudut yang diapit kedua sisi tersebut diketahui akan diperoleh rumus-rumus sebagai berikut.

Berikut ini contoh soal menetukan luas segitiga dengan menggunakan unsur trigonometri

Contoh:
Diketahui Δ ABC dengan sisi a = 20 cm, c = 25 cm, ∠B = 30°. Carilah luas Δ ABC tersebut!

Penyelesaian:
http://mademathika.blogspot.com/
Jadi, luas segitiga ABC adalah 125 cm2

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan

Artikel Terbaru