Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS: Cara Lain Melakukan Perkalian Agar Lebih Mudah

Perkalian merupakan dasar-dasar dalam mempelajari matematika. Perkalian akan mudah dilakukan apabila kita mengalikan antara bilangan satu digit dengan satu digit contoh 2 x 3 = 6, 3 x 4 = 12, 9 x 8 = 72 perkalian-perkalian tersebut masih bisa dilakukan dikepala kita karena sebagian besar dari kita mungkin sudah hafal melalui tabel perkalian atau terbiasa melakukannya.
clip_image002
http://mademathika.blogspot.com/
Namun, perkalian akan semakin sulit jika digit-digit bilangan yang kita kalikan semakin bertambah dalam hal ini perkalian dua digit dengan satu digit sebagai contoh 34 x 7, 78 x 9, 67 x 5 perkalian-perkalian tersebut agak sulit dilakukan di kepala saja. Jika sudah seperti itu, kita menggunakan perkalian bersusun dalam menyelesaikanya. Contoh:
clip_image004
http://mademathika.blogspot.com/
Perkalian dengan cara bersusun agak sulit dilakukan “di kepala”, setidaknya kita perlu menuliskannya. Bagaimana caranya melakukan perkalian bersusun tanpa dituliskan?

Jika kita cermati perkalian bersusun di atas kita biasanya mengalikan bilangan dari digit yang paling kanan (satuannya) ke kiri seperti yang diajarkan guru kita saat duduk dibangku sekolah dasar. Pada contoh di atas kita kalikan 4 dengan 7 kemudian 3 dengan 7 dan hasilnya kita susun sedemikian rupa dan dijumlahkan. Sebenarnya, akan lebih mudah apabila kita kalikan dari kanan ke kiri dan ini bisa dilakukan “di kepala” kita tanpa menuliskannya. Sebagai contoh kita akan menyelesaikan perkalian 78 x 9. Kita tahu bahwa 78 angka puluhanya adalah 70 dan satuannya adalah 8 atau 78 = 70 + 8. Pertama kita kalikan terlebih dahulu 70 x 9 = 630 kemudian kalikan 8 x 9 = 72 dan jumlahkan hasilnya 630 + 72 = 702. Sehingga 78 x 9 = 702 atau dengan kata lain kita mengalikannya dari kiri ke kanan. Jika kita buat skemanya maka
clip_image006
http://mademathika.blogspot.com/
Perkalian yang telah kita lakukan di atas merupakan perkalian dari kiri ke kanan yang lebih mudah dan dapat dilakukan “di kepala” saja tanpa menuliskanya. Nah, sebagai latihan cobalah beberapa perkalian berikut dan lakukan di kepala atau tanpa menuliskanya.
clip_image008
http://mademathika.blogspot.com/
Nah, bagaimana menurut anda apakah cara ini lebih mudah? Cara di atas merupakan cara lain dalam melakukan perkalian agar lebih mudah. Mungkin ada pertanyaan dari anda dapatkah perkalian ini dilakukan pada bilangan lebih dari dua digit? jawabanya bisa. Tetapi, belum tentu bisa dilakukan atau dihitung di kepala saja karena keterbatasan memori kita dalam mengingat atau menyimpan angka-angka hasil perkaliannya. Sebagai contoh 567 x 6, 567 anka ratusanya adalah 500, puluhanya 60 dan satuanya 7 maka pertama kalikan 500 x 6 = 3000, kemudian 60 x 6 = 360 dan jumlahkan hasilnya 3000+ 360 = 3360. Hasil tadi jumlahkan dengan perkalian 7 x 6 = 42, sehingga 3360 + 42 = 2402. Berikut adalah skemanya
clip_image010
http://mademathika.blogspot.com/
Dengan sedikit pembiasaan mungkin saja perkalian di atas bisa dilakukan atau semua perhitungannya dapat dilakukan di kepala tanpa perlu menuliskanya.

Semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "TIPS: Cara Lain Melakukan Perkalian Agar Lebih Mudah"